Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ? - Muslim Says

728x90 AdSpace

Trending
Friday, January 20, 2012

Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ?

Kristiani selalu berasumsi bahwa wujud Allah adalah roh dengan berlandaskan ayat ini:

Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Dalam ayat lain tertulis:
Yesaya 26:4 Percayalah kepada TUHAN selama-lamanya, sebab TUHAN ALLAH adalah gunung batu yang kekal.

 
Ibrani 12:29 Sebab Allah kita adalah api yang menghanguskan.

Jika dihadapkan pada ayat Yesaya 26:4 dan Ibrani 12:29 diatas, Kristiani pasti akan satu suara berkata bahwa ayat tersebut merupakan kiasan. Sedang lain halnya jika dihadapkan pada ayat Yohanes 4:24, padahal dicermati penggunaan bahasa yang digunakan dalam tiga ayat diatas sama persis, dalam ayat Yohanes sendiri Yesus sama sekali tidak berkata bahwa wujud Allah adalah roh, tapi sama seperti bahasa yang digunakan pada ayat lainnya, yaitu "Allah itu roh" dalam ayat lain "Allah adalah gunung batu" dan "Allah adalah api". Perhatikan juga kalimat yang dilekatkan Yesus dibelakang perkataanya "menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.", kalimat ini jelas merupakan kiasan.

Pertanyaan:
1. Apakah yang tertulis dalam ayat Yohanes yang dinisbahkan sebagai ucapan Yesus tersebut yang berkata "Allah adalah roh" merupakan wujud Allah yang sebenarnya atau hanya kiasan sama seperti ayat lainnya?
2. Jika kristiani bersih keras bahwa Allah berwujud roh dengan berdasarkan Yohanes 4:24, mengapa Kristiani mengabaikan ayat lainnya padahal jelas penggunaan bahasanya sama, simplenya ketiga ayat tersebut dalam arti sebenarnya atau dalam arti kiasan?
3. Jika dalam Bible Allah berwujud roh, akan ada kejanggalan dalam ayat lain:
*** Wahyu 5:6 Maka aku melihat di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua itu berdiri seekor Anak Domba seperti telah disembelih, bertanduk tujuh dan bermata tujuh: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi. ***
Perhatikan "ketujuh Roh Allah", apakah itu berarti Allah terbagi atau membagi-bagi diri-Nya?

Dalam Islam dan Al-Qur'an Allah tidak berwujud roh, Dzat Allah tidak serupa dengan apapun makhluk-Nya termasuk roh karena roh merupakan ciptaan. Setiap makhluk mempunyai roh Allah dalam arti roh ciptaan Allah, jadi saat Allah berfirman bahwa Dia mengutus roh-Nya, berarti Dia mengutus utusan-Nya contohnya malaikat Jibril a.s:

فَاتَّخَذَتْ مِنْ دُونِهِمْ حِجَابًا فَأَرْسَلْنَا إِلَيْهَا رُوحَنَا فَتَمَثَّلَ لَهَا بَشَرًا سَوِيًّا
"maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus roh Kami (Jibril a.s) kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna." (QS. Maryam {19}:17)


dalam alkitab Terjemah LAMA

malah kita akan menemukan penyebutan Allah yang disebut Dzat, hanya saja pada terjemahan berikutnya LAI malah menggantinya: berikut ayat-ayatnya:

KISAH PARA RASUL 17:29 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)

Maka oleh sebab kita dijadikan Allah, tiadalah patut kita menyangkakan ZAT Allah itu serupa dengan emas atau perak atau batu yang berukir dengan kepandaian dan akal manusia.

1 TIM 6:16 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)

Yang hanya mempunyai ZAT yang tiada mati, dan mendiami terang yang tiada terhampiri; Yang tiada pernah dilihat atau dapat dilihat orang, maka bagi-Nyalah kemuliaan dan kuasa yang kekal. Amin.

IBRANI 1:3 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)

Maka Ialah menjadi cahaya kemuliaan Allah dan ZAT Allah yang kelihatan, serta Ia menanggung segala sesuatu dengan firman kuasa-Nya; dan setelah Ia membuat persucian segala dosa, maka duduklah Ia di sebelah kanan Yang Mahabesar di dalam ketinggian;

IBRANI 10:1 Indonesian - Terjemahan Lama (TL)

Karena sedangkan Taurat itu hanya menunjukkan bayang-bayang segala berkat yang akan datang itu, bukannya ZAT yang sungguh segala perkara itu, maka ia itu dengan korban itu juga, yang senantiasa dipersembahkan oleh imam-imam tiap-tiap tahun, sekali-kali tiada dapat menyempurnakan orang-orang yang menghampiri itu.


silahkan buka terjemahan lama... Allah disebut Zat:


http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=58&v=3

http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=54&c=6&v=16

http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=44&c=17&v=29 "





izmy azhary

Lulusan Sarjana Komunikasi Islam kampus Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mohammad Natsir Jakarta, aktif menulis dan diskusi masalah keislaman dan perbandingan agama.

Website: Langit Merah

Menurut Alkitab Allah itu Roh atau ZAT ? Reviewed by izmy azhary on 8:08 PM Rating: 5 Kristiani selalu berasumsi bahwa wujud Allah adalah roh dengan berlandaskan ayat ini: Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menye...

2 comments:

  1. nyi
    roro ilham... salam damai bagimu





    sory nyi.. gua datang ke blog
    elu nih.. dikit ngasi komen :





    ALLAH ITU ROH = Menyatakan
    DIRI Allah.


    Yohanes 4:24 Allah ITU
    Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan
    kebenaran."





    ALLAH adalah KASIH =
    menyatakan SIFAT Allah


    1 Yohanes 4:8, 16.
    Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab


    ALLAH adalah KASIH.





    elu cari lagi deh di Alkitab
    masih banyak misalnye :


    2 Samuel 22:2-3. Ia berkata:
    "Ya, TUHAN, bukit batuku, kubu pertahananku dan penyelamatku,


    Allahku, gunung batuku,
    tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku,
    tempat pelarianku, juruselamatku; Engkau menyelamatkan aku dari kekerasan.





    apakah menurut elu itu
    menyatakan DIRI Allah berupa bukit batu, berupa kubu pertahanan, berupa
    gunung batu, berupa penyelamat.....


    itu tuh menyatekan SIFAT
    Allah.





    untuk 7 Roh Allah elu mampir
    di http://windunatha.blogspot.com/2012/07/7-roh-allah.html
    atau http://www.bethanyfreshanointing.com/artikel-kotbah/187-dipenuhi-7-roh-allah





    Yesaya 11:1-2. Suatu TUNAS
    akan keluar dari tunggul ISAI, dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya
    akan berbuah.


    Roh TUHAN akan ADA PADANYA,
    roh HIKMAT dan PENGERTIAN, roh NASIHAT dan KEPERKASAAN, roh PENGENALAN dan
    TAKUT akan TUHAN;


    Ketujuh Roh Allah itu yaitu:


    1. Roh Tuhan


    2. Roh Hikmat Tuhan


    3. Roh Pengertian Tuhan


    4. Roh Nasihat Tuhan


    5. Roh Keperkasaan Tuhan


    6. Roh Pengenalan akan Tuhan


    7. Roh Takut akan Tuhan





    Wahyu 5:6. Maka aku melihat
    di tengah-tengah takhta dan keempat makhluk itu dan di tengah-tengah tua-tua
    itu berdiri SEEKOR Anak Domba seperti telah disembelih, BERTANDUK 7 dan
    BERMATA 7: itulah ketujuh Roh Allah yang diutus ke seluruh bumi.





    Wahyu 3:1. "Dan
    tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang
    memiliki KETUJUH Roh Allah dan KETUJUH bintang itu: Aku tahu segala
    pekerjaanmu: engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!





    Tuhan memberikan Hidayah-Nye
    buat elu...





    terima kasih udah ngundang
    gue ngunjungin blog elu iye...





    Salam Damai bagimu.

    ReplyDelete
  2. suandi sayangnya dalam pandangan kristen, ayat-ayat tertentu alkitab yg menolak konsep ajaran Kristen Harus "dimaknai" Kiasan, smentara yang cocok dengan ajaran Alkitab dimaknai dan diterima, itulah kenyataanya.

    ReplyDelete