Menjawab Soal Uzair Anak Allah Dalam Al-Qur'an - Muslim Says

728x90 AdSpace

Trending
Thursday, April 5, 2012

Menjawab Soal Uzair Anak Allah Dalam Al-Qur'an

 Sering kali Kristen menuduh Al-Qur'an memberikan data yang tidak valid. bohong. tidak sesuai dengan Fakta. salah satunya adalah pernyataan Al-Qur'an yang menyatakan bahwa Uzair adalah anak Allah. sebagaimana yang terdapat di dalam Al-Qur'an
waqaalati lyahuudu 'uzayrun ibnullaahi waqaalati nnashaaraa lmasiihu ibnullaahi dzaalika qawluhum bi-afwaahihim yudaahi-uuna qawlalladziina kafaruu min qablu qaatalahumullaahu annaa yu/fakuun

  Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putera Allah" dan orang-orang Nasrani berkata: "Al Masih itu putera Allah". Demikianlah itu ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah mereka , bagaimana mereka sampai berpaling?
 QS:  9:30

Dengan semangatnya mereka menyatakan bahwa Al-Qur'an keliru. karena Yahudi sama sekali tidak pernah disebutkan dalam Alkitab menyatakan bahwa Uzair adalah Anak Allah. bahkan untuk tuduhan ini beredar hingga sampai ke Facebook. Twitter termasuk situs FaithFreedom dan lain sebagainya.

bagi saya pribadi tidak ada masalah dengan ayat ini. bagi yang bersikap fair berbicara secara jujur. karena kenyataannya Al-Qur'an dan Alktab senantiasa berselisih saling bertentangan. hanya sebagian kecil saja yang bercocokan. maka ketika terjadi perbedaan antara dua sumber. apakah salah satu diantara keduanya dapat disalahkan dengan dasar perbedaan? tentu tidak. harus ada sumber lain atau sumber ketiga yang dapat dipercaya kebenarannya yang kemudian menjadi alat bukti kebenaran diantara keduanya.
 sehingga ketika Alkitab tidak menyebut Uzair yang dimaksud dalam Al-Qur'an disebut anak Allah. lalu di simpulkan Al-Qur'an keliru  itu justru kesimpulan yang terlalu dini. karena tidak memahami secara utuh siapa yang dimaksud dalam ayat tersebut.

selain itu kenyataannya menurut Alkitab Selurung bangsa Yahudi sendiri disebut Anak Allah contoh:

Keluaran

4:18 Lalu Musa kembali kepada mertuanya Yitro serta berkata kepadanya: "Izinkanlah kiranya aku kembali kepada saudara-saudaraku, yang ada di Mesir, untuk melihat apakah mereka masih hidup." Yitro berkata kepada Musa: "Pergilah dengan selamat." 4:19 Adapun TUHAN sudah berfirman kepada Musa di Midian: "Kembalilah ke Mesir, sebab semua orang yang ingin mencabut n  nyawamu telah mati. o " 4:20 Kemudian Musa mengajak isteri dan anak-anaknya lelaki, p  lalu menaikkan mereka ke atas keledai dan ia kembali ke tanah Mesir; dan tongkat q  Allah itu dipegangnya di tangannya. 4:21 Firman TUHAN kepada Musa: "Pada waktu engkau hendak kembali ini ke Mesir, ingatlah, supaya segala mujizat r  yang telah Kuserahkan ke dalam tanganmu, kauperbuat di depan Firaun. Tetapi Aku akan mengeraskan hatinya 4 , s  sehingga ia tidak membiarkan bangsa itu pergi. t  4:22 Maka engkau harus berkata kepada Firaun: Beginilah firman TUHAN: Israel ialah anak-Ku, anak-Ku yang sulung 5 ; u  4:23 sebab itu Aku berfirman kepadamu: Biarkanlah anak-Ku itu pergi, v  supaya ia beribadah w  kepada-Ku; tetapi jika engkau menolak membiarkannya pergi, maka Aku akan membunuh anakmu, anakmu yang sulung. x "

Sehingga sederhananya jangakan berbicara satu orang semisal Uzair yang disebut anak Allah. seluruh bangsa Yahudi sendiri disebut anak Allah. bukankah kita tahu Uzair adalah sekian diantara manusia yang merupakan bangsa Yahudi.
sudah pasti ia termasuk anak Allah pula.

Defenisi Anak Allah
Mengenai makna Anak Allah dalam Alkitab diceritakan banyak ayat, salah satunya adalah Anak Allah adalah orang-orang yang dibimbing oleh Allah.
Makna Anak Allah
Matius 

5:9 Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah

Romans  

8:14 Orang-orang yang dibimbing oleh Roh Allah, adalah anak-anak Allah. 
8:15 Sebab Roh, yang diberikan oleh Allah kepada kalian, tidaklah membuat kalian menjadi hamba sehingga kalian hidup di dalam ketakutan. Sebaliknya Roh Allah itu menjadikan kalian anak-anak Allah. Dan dengan kuasa Roh Allah itu kita memanggil Allah itu, "Bapa, ya Bapaku!"

Berdasarkan ayat ini. secara defenisi atau makna dari Anak Allah di ayat di atas. Uzair tentu tergolong anak Allah pula. 

Sehingga berdasarkan penjelasan di atas mengenai makna Anak Allah. fakta Israel merupakan Anak Allah. serta kontra antara al-Qur'an dan Alktab yang tentu tidak bisa secara sepihak menyalahkan tanpa ada bukti ketiga yang dapat dipertanggung jawabkan. maka tuduhan ini sama sekali tidak beralasan. walaupun Alktab tidak menyebutkan secara eksplisit mana pernyataan Uziar anak Allah, namun secara umum. Alkitab sudah menegaskan bahwa seluruh bangsa Yahudi adalah anak Allah. dan tentu Uzair adalah salah satunya.


Ganti Posisi
Kami sangat menghargai komentar pembaca sekalian, baik saran, kritik, bantahan dan lain sebagainya. 
Bagi pembaca yang ingin berkomentar silahkan untuk login dengan mengklik Login di Tombol Login komentar dan pilih akun yang ingin anda gunakan untuk Login, Bisa dengan Facebook, Twitter, Gmail dsb. 
 peraturan komentar: 
1. komentar pendek atau panjang tidak masalah, baik lebih dari satu kolom juga tidak apa-apa. 
2. komentar menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar tidak berbelit-belit. 
3. tidak menggunakan kata-kata kotor, hujat atau caci maki
4. langsung pada topik permasalahan
Menjawab Soal Uzair Anak Allah Dalam Al-Qur'an Reviewed by Muslim Say on 9:17 AM Rating: 5  Sering kali Kristen menuduh Al-Qur'an memberikan data yang tidak valid. bohong. tidak sesuai dengan Fakta. salah satunya adalah per...

6 comments:

  1.  Emang kalau orang benar orang yg menjalankan Perntah Allah disebut anak Allah apakah ada yg salah? Kita semua bisa disebut anak anak Allah, bukan Karena Allah menghamili anak orang terus hamil lalu terlahirlah kita, kalau ada orang yg berpikiran seperti itu maka sangat dangkallah pikirannya, dan sangat dangkallah spiritualnya, anak Allah disini adalah karena bermakana sebagai sesuatu yg lahir dari ciptaan yg oleh rohNya kita menjadi bagian terkecil dari sifat sifat Allah. siapa yg menyangkal bahwa ada tdk ada sifat Allah di dalam dirinya maka dia telah menyamakan dirinya dgn batu dan Hewan. Kita diperanakan Allah dari Roh Allah sehingga kita menjadi orang orang yg benar dan disebut anak anak Allah. Israel disebut Anak Allah yg Sulung, kedengaran memang agak berlebihan bagi orang awam, tapi bagi orang yg telah memahami Kehendak Allah tdk perlu ragu dan tdk perlu bimbang, sadarkah kalian semua bahwa dari Bangsa Israel lah kita telah diwarisi berbagai macam tradisi penyembahan? Kalau seorang Musa ( Nabi Israel ) tidak mewarisi kita kitab kitab Taurat, apakah kita Islam dan Kristen dapat mengenali kata Taurat dalam Kitab Qurana dan Perjanjian Baru? Tdk ada Injil dan Quran yg bisa melepaskan diri dari pangaruh Taurat Musa. Oleh sebab itu Allah dalam Kalimatnya yg Agung itu mengatakan kepada Musa agar sampaikan kepada Firau " Katakanlah bahwa Isreal lah Anak ku Anak Sulungku, Artinya Israel adalah menjadi umat yg dipilih atau umat ( bukan orang personal ) yg disiapkan untuk menjadi lokomotif dari ritual penyembahan kepada Allah yg Esa... OK.. makanya jgn Memusuhi Bangsa itu secara berlebihan, campakanlah selaput kemunafikan dan segala bentuk kepalsuan pada kelopak mata dan hatimu.. maka kalian akan melihat dan mengerti Suara Allah

    ReplyDelete
  2. memang kalau ada manusia yg jahat berarti lahir dari roh setan bro?...roh baik dan jahat itu ciptaanNya...hanya manusia aja yg mengecilkan roh dariNya...menganggap roh itu gk ada...lagian proses itu bukan peranakan..tp PENCIPTAAN....

    yg benci bangsa berlebihan siapa bro??? bukannya Israel dan perjanjian lamanya sendiri membenci ISMAEL?? balok dimatamu sendiri gk kau lihat...

    ReplyDelete
  3. Bodoh sudah d terangkan dlm al quran allah swt tidak mempunyai anak atau pun apa sahaja yg berbentuk atau pun tidak..

    ReplyDelete
  4. he..he..jawaban yg banyol tetap tidak bisa menjawab apa yg di tanyakan.....siapa uzair ini?hidup pada jaman siapa?tahun berapa?

    ReplyDelete
  5. kalau gw sih ga heran bro dg pendapat mereka
    yesus sindiri kan bilang
    Yeremia 4 : 22

    "Sungguh, bodohlah umat-Ku itu, mereka tidak mengenal Aku! Mereka adalah
    anak-anak tolol, dan tidak mempunyai pengertian! Mereka pintar untuk
    berbuat jahat, tetapi untuk berbuat baik mereka tidak tahu."

    masa kalau tdk ada dlm alkitab dikatakan Qur'an keliru
    seharusnya mereka nyadar kalau alkitab nya itu bersumber dari kitab2 kuno terjemahan yg sudah diedit,
    alkitab tdk bersumber dari teks asli ajaran nabi2 terdahulu seperti mouses dan yesus
    jd wajar kalau di Qur'an ada sedangkan Alkitab tdk ada

    yg seharusnya mereka ngerti
    bahwa alkitab yg mereka pegang itu salah.
    seharus nya mereka mencari tuh riwayat yg tdk ada (ttg nabi Uzair)
    cari tuh teks asli ajaran nabi2 terdahulu

    ReplyDelete
  6. Perlu kiranya artikel ini diperjelas dengan sebab turunnya ayat atau hadist pendukung.

    ReplyDelete