Menjawab Apologetika BP Yesus adalah YHWH (1) : Sebelum Abraham ada Aku Telah Ada - Muslim Says

728x90 AdSpace

Trending
Sunday, April 22, 2012

Menjawab Apologetika BP Yesus adalah YHWH (1) : Sebelum Abraham ada Aku Telah Ada

Klaim yang tidak kalah hebatnya untuk membuktikan bahwa yesus adalah tuhan yaitu tentang penciptaan. Bahwa yesus ada sebelum Abraham anda, sehingga yesus pantas dan cocok disebut tuhan karena ini.
Yohanes 8:58

LAI TB, Kata Yesus kepada mereka: ‘Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.’
TR, ειπεν αυτοις ο ιησους αμην αμην λεγω υμιν πριν αβρααμ γενεσθαι εγω ειμι


Bisakah saudara kristen menjelaskan kenapa sebelum abraham yang dijadikan ukuran ? kenapa tidak Adam ? kita semua tau bahwa adam lebih dulu ada dibanding abraham. bukan ?
Lantas atas dasar doktrin lemah ini yesus menjadi tuhan ? karena beliau ada sebelum abraham ? di beberapa website kristen memberikan penjelasan untuk mendukung klaim bahwa yesus itu sama dengan Allah, seperti pada website ini :
Memberikan argumen bahwa “Yesus Kristus membuat pernyataan yang tegas dalam jawabnya, merujuk kepada keberadaan mutlak. Kedua kata kerja γενεσθαι – genesthai dari kata γινομαι – ginomai . Kata kerja γενεσθαι – genesthai, “ada”, “menjadi”, “eksis” ditulis dalam second aorist, mirip dengan simple past tense.”


bla bla cukup panjang pembaca bisa membaca langsung disitus tersebut.

Jelas jika merujuk kepada simple past tense, maka keberadaan yesus sudah ada sebelum Abraham! tapi ini tidak membuktikan bahwa yesus adalah Allah! karena sebelum Abraham telah lahir banyak manusia bukan ? apakah lantas manusia itu berubah menjadi tuhan ? tidak.. sama sekali tidak.
Toh yang nyata dan fakta, Yesus disebutkan bersilsilah. dan ini menandakan Yesus murni tidak ada sebelum Abraham, karena Yesus baru ada setelah dilahirkan Maria. 
Selanjutnya saya sangat heran entah kenapa Kristen di mana pun dan siapaun selalu menolak kata yang jelas-jelas atau terang. namun lebih memaksakan atau mencari-cari kalimat, persamaan kata gaya bahasa lalu menyimpulkan itu sama. seperti yang dilakukan oleh BP di situs sarapan Pagi biblika.
contoh kata Ungkapan Ibrani, אֲנִי־הוּא - ANI HU   " Akulah Dia"  yang digunakan Yahweh  YHWH lalu digunakan oleh Yesus lalu dikatakanlah Yesus adalah YHWH itu sendiri. 
Padahal coba kita cek ayat-ayat yang dirujuk BP ungkapan Akulah dia yang diucapkan Yesus. dia berbicara tentang apa?  sebagai apa? tidak satupun menyentuh keberadaan dirinya sama dengan Yahweh atau setingkat dengan Yahweh apalagi Yahweh itu sendiri.
Pembaca bisa mengecek sendiri kata-kata Akulah dia yang diucapkan Yesus apakah merujuk dirinya sebagai Yahweh?
Yohanes 8:24 
LAI TB, Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu." 
Yohanes 8:28

LAI TB, Maka kata Yesus: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku." 


Yohanes 4:26 

LAI TB, Kata Yesus kepadanya: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau." 

KJV, Jesus saith unto her, I that speak unto thee am he. 

Yohanes 8:18 

LAI TB, Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku." 

KJV, I am one that bear witness of myself, and the Father that sent me beareth witness of me. 
OJBC, ANI HU the one giving solemn EDUT about myself and the One having sent me, HAAV , gives solemn EDUT about me. 

dan lain sebagainya, Justru kalau mau jujur lihatlah Yesus Justru berbicara sebagai dirinya sendiri, sebagai utusan Allah, sebagai juru selamat (nabi Allah, Utusan Allah) Bukan Allah itu sendiri.
Logikanya apakah lantas dengan kata-kata TUhan yang diucapkan manusia lantas dapat diklaim Manusia yang mengucapkan tersebut adalah Tuhan itu sendiri? 
tentu tidak mungkin.  Aneh saja, memaksakan mencari persamaan dengan penafsiran kalimat atau bahasa tapi menolak ayat-ayat yang terang-terangan berseberangan. menolak ayat-ayat yang sudah pasti dan jelas maknanya berbicara Yesus bukan Yahweh, bukan Allah.
mari kita lihat ungkapan Yesus berikut::
Matius 23:9 Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga.
Pembaca yang sekali atau dua kali baca ayat ini pasti akan mengerti dan paham maknanya. Yesus tegas mengatakan, Di dunia ini tidak ada satupun Bapa. karena Bapa hanya ada satu di Sorga, dan berarti dan pasti Yesus Bukan Bapa karena Yesus di bumi.
ayat yang jelas-jelas menolak seperti ini, malah tidak dihiraukan oleh Kristen. bukankah sudah jelas ini sangat aneh.
lagi di atas, yang dirujuk oleh BP di situs Sarapan Pagi soa kata AKulah dia. 
LAI TB, Maka kata Yesus: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku." 
Perhatikan kata Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diriku sendri. dan seterusnya, bukankah itu jelas sekali. Yesus menyatakan ia tidak punya kuasa apa-apa tanpa kuasa Bapa. dan semua yang dimiliki atau diajarkan itu berasal dari Bapa bukan dari dirinya atau kehendaknya sendiri.
SO disini sudah nampak dan nyata. Yesus bukan Yahweh, karena kehendak Yesus dan Yahweh beda. kuasa beda. jika Yesus Yahweh itu sendiri bagaimana bisa kuasa sendiri tidak dapat ia lakukan? masih bergantung dengan kuasa Yahweh?
Bp hanya mengambil / mencomot kata Akulah dia. tapi tidak melihat Yesus berbicara tentang apa disini. 
lagi ayat lainnya yang tegas-tegas menyatakan Yesus tidak sama dengan YHWH
Yohanes 14:28 Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.
ini sudah sangat jelas, perbedaan mutlak Yesus dan YHWH, YHWH lebih besar dari Yesus. bagaimana bisa sama?
Mungkin bagi Kristen banyak yang akan berapologetika dengan menggunakan analogi. buat saya analogi tidak akan bisa menjadi bukti Yesus sama dengan YHWH. karena analogi hanyalah alat untuk mempermudah memahami suatu hal yang sukar di pahami. persoalanya adalah jika konsepnya memang keliru, di analogi bagaimanapun tetap akan keliru, karena persoalannya adalah bukan soal sulit dipahami, tapi memang konsepnya keliru.
Bersambung






Kami sangat menghargai komentar pembaca sekalian, baik saran, kritik, bantahan dan lain sebagainya. 
Bagi pembaca yang ingin berkomentar silahkan untuk login dengan mengklik Login di Tombol Login komentar dan pilih akun yang ingin anda gunakan untuk Login, Bisa dengan Facebook, Twitter, Gmail dsb. 
 peraturan komentar: 
1. komentar pendek atau panjang tidak masalah, baik lebih dari satu kolom juga tidak apa-apa. 
2. komentar menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar tidak berbelit-belit. 
3. tidak menggunakan kata-kata kotor, hujat atau caci maki
4. langsung pada topik permasalahan
Menjawab Apologetika BP Yesus adalah YHWH (1) : Sebelum Abraham ada Aku Telah Ada Reviewed by Muslim Say on 1:21 PM Rating: 5 Klaim yang tidak kalah hebatnya untuk membuktikan bahwa yesus adalah tuhan yaitu tentang penciptaan. Bahwa yesus ada sebelum Abraham anda, s...

2 comments:

  1. 1. " Bisakah
    saudara kristen menjelaskan kenapa sebelum abraham yang dijadikan
    ukuran ? kenapa tidak Adam ? kita semua tau bahwa adam lebih dulu ada
    dibanding abraham. bukan ?"Baca Selengkapnya Di: http://muslims-says.blogspot.com/2012/04/sebelum-abraham-ada-aku-telah-ada.html#ixzz2FmeTItl9Dengan membaca konteks ayat tersebut yang notabene menceritakan percakapan antara Yesus dan orang Yahudi, akan menjelaskan apa yang menjadi alasan Yesus menggunakan Abraham dan bukan Adam. Berikut kutipannya: Yohanes 8:52-59

    52.

    Kata orang-orang Yahudi kepada-Nya: "Sekarang kami tahu, bahwa Engkau
    kerasukan setan. Sebab Abraham telah mati dan demikian juga nabi-nabi,
    namun Engkau berkata: Barangsiapa menuruti firman-Ku, ia tidak akan
    mengalami maut sampai selama-lamanya.



    53.

    Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kita Abraham, yang telah
    mati! Nabi-nabipun telah mati; dengan siapakah Engkau samakan diri-Mu?"




    54.

    Jawab Yesus: "Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri, maka
    kemuliaan-Ku itu sedikitpun tidak ada artinya. Bapa-Kulah yang
    memuliakan Aku, tentang siapa kamu berkata: Dia adalah Allah kami,



    55.

    padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika
    Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama
    seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan Aku menuruti firman-Nya.



    56.

    Abraham bapamu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita."



    57.

    Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: "Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?"



    58.

    Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."



    59.

    Lalu mereka mengambil batu untuk melempari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah. Saya rasa jelas alasannya. Penggunaan "sesungguhnya sebelum Abraham jadi..dst" dipakai karena orang Yahudi tersebut berkata bahwa "Abraham adalah bapa kami:" (yoh 8:39), bahwa mereka adalah keturunan Abraham (yoh:8:33)Sesungguhnya banyak istilah dalam kekristenan (terutama setelah diterjemahkan dalam bahasa indonesia) berbeda maksud dengan istilah2 yang sama yang digunakan oleh umat islam. Seperti misal istilah nabi dan rasul, Tuhan dan Allah, malaikat iblis, dll. Seperti orang jawa dan orang sunda. Gedang di jawa adalah pisang dan buat orang sunda gedang adalah pepaya. Membahas gedang tanpa mensepakati "gedang" apa yang dibahas dan dalam pengertian yang mana hanya akan menghasilkan pembicaraan yang ngalor ngidul ngetan ngulon yang g akan pernah ketemu. :) dan ujungnya adalah Lakum dinukum waliyadin.

    ReplyDelete
  2. Sebuah klaim yang dianggap sebuah kebenaran harus memiliki bukti yang kuat pula. bukan sekedar tafsiran semata.

    ReplyDelete