Keajaiban Al-Qur'an : Fungsi Gunung - Muslim Says

728x90 AdSpace

Trending
Wednesday, November 7, 2012

Keajaiban Al-Qur'an : Fungsi Gunung


Al Qur’an mengarahkan perhatian kita pada fungsi geologis penting dari gunung.
"Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka..." (Al Qur'an, 21:31)
Sebagaimana terlihat, dinyatakan dalam ayat tersebut bahwa gunung-gunung berfungsi mencegah goncangan di permukaan bumi.
Kenyataan ini tidaklah diketahui oleh siapapun di masa ketika Al Qur’an diturunkan. Nyatanya, hal ini baru saja terungkap sebagai hasil penemuan geologi modern.
Menurut penemuan ini, gunung-gunung muncul sebagai hasil pergerakan dan tumbukan dari lempengan-lempengan raksasa yang membentuk kerak bumi. Ketika dua lempengan bertumbukan, lempengan yang lebih kuat menyelip di bawah lempengan yang satunya, sementara yang di atas melipat dan membentuk dataran tinggi dan gunung. Lapisan bawah bergerak di bawah permukaan dan membentuk perpanjangan yang dalam ke bawah. Ini berarti gunung mempunyai bagian yang menghujam jauh ke bawah yang tak kalah besarnya dengan yang tampak di permukaan bumi.
Dalam tulisan ilmiah, struktur gunung digambarkan sebagai berikut:
Pada bagian benua yang lebih tebal, seperti pada jajaran pegunungan, kerak bumi akan terbenam lebih dalam ke dalam lapisan magma. (General Science, Carolyn Sheets, Robert Gardner, Samuel F. Howe; Allyn and Bacon Inc. Newton, Massachusetts, 1985, s. 305)
Dalam sebuah ayat, peran gunung seperti ini diungkapkan melalui sebuah perumpamaan sebagai "pasak":
"Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan?, dan gunung-gunung sebagai pasak?" (Al Qur'an, 78:6-7)
Dengan kata lain, gunung-gunung menggenggam lempengan-lempengan kerak bumi dengan memanjang ke atas dan ke bawah permukaan bumi pada titik-titik pertemuan lempengan-lempengan ini. Dengan cara ini, mereka memancangkan kerak bumi dan mencegahnya dari terombang-ambing di atas lapisan magma atau di antara lempengan-lempengannya. Singkatnya, kita dapat menyamakan gunung dengan paku yang menjadikan lembaran-lembaran kayu tetap menyatu.
Fungsi pemancangan dari gunung dijelaskan dalam tulisan ilmiah dengan istilah "isostasi". Isostasi bermakna sebagai berikut:
Isostasi: kesetimbangan dalam kerak bumi yang terjaga oleh aliran materi bebatuan di bawah permukaan akibat tekanan gravitasi. (Webster's New Twentieth Century Dictionary, 2. edition "Isostasy", New York, s. 975)
Peran penting gunung yang ditemukan oleh ilmu geologi modern dan penelitian gempa, telah dinyatakan dalam Al Qur’an berabad-abad lampau sebagai suatu bukti Hikmah Maha Agung dalam ciptaan Allah.
"Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka..." (Al Qur'an, 21:31)

Kami sangat menghargai komentar pembaca sekalian, baik saran, kritik, bantahan dan lain sebagainya. 
Bagi pembaca yang ingin berkomentar silahkan untuk login dengan mengklik Login di Tombol Login komentar dan pilih akun yang ingin anda gunakan untuk Login, Bisa dengan Facebook, Twitter, Gmail dsb. 
 peraturan komentar: 
1. komentar pendek atau panjang tidak masalah, baik lebih dari satu kolom juga tidak apa-apa. 
2. komentar menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar tidak berbelit-belit. 
3. tidak menggunakan kata-kata kotor, hujat atau caci maki
4. langsung pada topik permasalahan
Keajaiban Al-Qur'an : Fungsi Gunung Reviewed by Muslim Say on 8:46 AM Rating: 5 Al Qur’an mengarahkan perhatian kita pada fungsi geologis penting dari gunung. "Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung ...

5 comments:

  1. Acha Septriasa & Nirina ZubirNovember 8, 2012 at 3:27 PM

    Assalamu'alaykum WR WB!,

    Tapi sayangnya teori-teori Qur'an itu banyak yang tidak dibenarkan oleh para ahli ilmuwan!

    Ani murtad aja yah, yaa Insan!

    ReplyDelete
  2. tapi kenyataanya di Barat berbondong-bondong masuk Islam, dan kebanyakan di antara mereka adalah para ilmuwan yang terkagum-kagum akan kebenaran sains Al-Qur'an...

    kita tunggu saja. gelombang penerimaan ilmuwan terhadap sains Al-QUr'an akan terus berlangsung...

    ReplyDelete
  3.  Assalamu`alaikum.

    Kemarin tanggal 08 Nov 2012 sudah ada update Google PageRank.

    Bagaimana dengan website ini, ada perkembangan kah? :)

    Salam...

    ReplyDelete
  4. wa 'alaikumus salam wr wb. setahu saya masih seperti biasa. tapi lumayanlah untuk statistiknya udah lumayan bagus...

    blog antum gimana?

    ReplyDelete
  5. maaf saya sangat tidak sependapat...
    teori-teori mana dari al-qur'an yang tidak bisa dibenarkan??
    apabila ada ilmuan yang bisa mencari kesalahan atau tidak membenarkan teori dalam al-qur'an,mungkin dia adalah manusia paling hebat sepanjang sejarah umat manusia.
    karena pada dasarnya tidak ada kesalahan sedikitpun dari al-quran

    ReplyDelete