Puasa Dalam Alkitab - Muslim Says

728x90 AdSpace

Trending
Tuesday, December 25, 2012

Puasa Dalam Alkitab

Ilustrasi


Di dalam Bibel, puasa yang berkesinambungan yang diperintahkan Tuhan kepada umatNya adalah yang di firmankan kepada Harun a.s (Leviticus/ Im 16:29), meskipun hanya satu hari setiap siklusnya. Perintah puasa ini bersesuaian dengan yang disampaikan Allah seperti firmanNya di Al Baqarah (2):183
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
Di Leviticus/ Im 16:29, Tuhan menentukan saat, tujuan puasa, lama (duration)- nya puasa, siapa saja yang terlibat dan sanksi bagi yang tidak melaksanakannya.
Ada beberapa ayat lain di dalam Bibel yang difirmankan mengenai puasa, diantaranya puasanya Yesus a.s dipadang gurun selama 40 hari hingga merasa lapar. hanya untuk mengakomodasi iblis agar bisa menggodanya. Berbeda dengan Yesus a.s maka Musa a.s berpuasa 40 hari 40 malam untuk menerima Sepuluh Firman Tuhan. Musa a.s juga berpuasa selama itu saat Beliau a.s memintakan ampun untuk kesalahan yang telah membuat Tuhan sakit hati.
Puasa-puasa lainnya adalah insidental yang dilakukan umat Yahudi untuk keperluan umum atau khusus, baik berduka cita, menyukuri atau memohon sesuatu kepada Tuhan. Ada difirman di Perjanjian Baru mengenai puasa meski tidak dijelaskan bagaimana melaksanakannya. Namun elok disimak bahwa Yesus a.s berpuasa 2 kali setiap minggunya.
Mari disimak beberapa ayat mengenai puasa yang diambil dari Bibel, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, Musa a.s menerima Dasa Titah (Ten Commandments) dari Tuhan setelah berpuasa 40 hari 40 malam
Exodus/ Kel 34:28
Dan Musa ada di sana bersama-sama dengan TUHAN empat puluh hari empat puluh malam lamanya, tidak makan roti dan tidak minum air, dan ia menuliskan pada loh itu segala perkataan perjanjian, yakni Kesepuluh Firman.
And he was there with the LORD forty days and forty nights; he did neither eat bread, nor drink water. And he wrote upon the tables the words of the covenant, the ten commandments.
(Mungkin yang dimaksud adalah tidak makan dan tidak minum, bukannya tidak makan roti atau tidak minum air)
Musa a.s berpuasa 40 hari 40 malam untuk memintakan ampun atas kesalahan umat Israel
Deuter./ Ul 9:18
Sesudah itu aku sujud di hadapan TUHAN, empat puluh hari empat puluh malam lamanya, seperti yang pertama kali–roti tidak kumakan dan air tidak kuminum–karena segala dosa yang telah kamu perbuat, yakni kamu melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, sehingga kamu menimbulkan sakit hati-Nya.
And I fell down before the LORD, as at the first, forty days and forty nights: I did neither eat bread, nor drink water, because of all your sins which ye sinned, in doing wickedly in the sight of the LORD, to provoke him to anger.
Perintah puasa dan siapa saja yang diperintakan untuk menjalankannya kepada Harun a.s
Leviticus/ Im 16:29
Inilah yang harus menjadi ketetapan untuk selama-lamanya bagi kamu, yakni pada bulan yang ketujuh, pada tanggal sepuluh bulan itu kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa dan janganlah kamu melakukan sesuatu pekerjaan, baik orang Israel asli maupun orang asing yang tinggal di tengah-tengahmu.
And this shall be a statute for ever unto you: that in the seventh month, on the tenth day of the month, ye shall afflict your souls, and do no work at all, whether it be one of your own country, or a stranger that sojourneth among you:
tujuannya puasa
Leviticus/ Im 16:31
Hari itu harus menjadi sabat, hari perhentian penuh, bagimu dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya.
It shall be a sabbath of rest unto you, and ye shall afflict your souls, by a statute for ever.
sanksi bagi yang tidak mematuhi puasa
Leviticus/ Im 23:29
Karena setiap orang yang pada hari itu tidak merendahkan diri dengan berpuasa, haruslah dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya.
For whatsoever soul it be that shall not be afflicted in that same day, he shall be cut off from among his people.
lama (durasi)-nya berpuasa
Leviticus/ Im 23:32
Itu harus menjadi suatu sabat, hari perhentian penuh bagimu, dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Mulai pada malam tanggal sembilan bulan itu, dari matahari terbenam sampai matahari terbenam, kamu harus merayakan sabatmu.”
It shall be unto you a sabbath of rest, and ye shall afflict your souls: in the ninth day of the month at even, from even unto even, shall ye celebrate your sabbath.
Beberapa puasa insidentil yang dijalankan karena adanya keperluan, diantaranya:
Numbers/ Bil 30:13
Setiap nazar dan setiap janji sumpah perempuan itu untuk merendahkan diri dengan berpuasa, dapat dinyatakan berlaku oleh suaminya atau dapat dibatalkan oleh suaminya.
Every vow, and every binding oath to afflict the soul, her husband may establish it, or her husband may make it void.
Deuter./ Ul 10:10
Maka aku ini berdiri di atas gunung seperti yang pertama kali, empat puluh hari empat puluh malam lamanya, dan sekali inipun TUHAN mendengarkan aku: TUHAN tidak mau memusnahkan engkau.
And I stayed in the mount, according to the first time, forty days and forty nights; and the LORD hearkened unto me at that time also, and the LORD would not destroy thee.
Judges/ Hak 20:26
Kemudian pergilah semua orang Israel, yakni seluruh bangsa itu, lalu sampai di Betel; di sana mereka tinggal menangis di hadapan TUHAN, berpuasa sampai senja pada hari itu dan mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan di hadapan TUHAN.
Then all the children of Israel, and all the people, went up, and came unto the house of God, and wept, and sat there before the LORD, and fasted that day until even, and offered burnt offerings and peace offerings before the LORD.
puasa karena berduka
2-Samuel/ 2 Sam 1:12
Dan mereka meratap, menangis dan berpuasa sampai matahari terbenam karena Saul, karena Yonatan, anaknya, karena umat TUHAN dan karena kaum Israel, sebab mereka telah gugur oleh pedang.
And they mourned, and wept, and fasted until even, for Saul, and for Jonathan his son, and for the people of the LORD, and for the house of Israel; because they were fallen by the sword.
puasa memohon kepada Tuhan, oleh Daud a.s
2-Samuel/ 2 Sam 12:16
Lalu Daud memohon kepada Allah oleh karena anak itu, ia berpuasa dengan tekun dan apabila ia masuk ke dalam, semalam-malaman itu ia berbaring di tanah.
David therefore besought God for the child; and David fasted, and went in, and lay all night upon the earth.
Perintah puasa dari manusia
1 Kings/ 1 Raja 21:9
Dalam surat itu ditulisnya demikian: “Maklumkanlah puasa dan suruhlah Nabot duduk paling depan di antara rakyat.
And she wrote in the letters, saying, Proclaim a fast, and set Naboth on high among the people:
2 Chron./ 2 Taw 20:3
Yosafat menjadi takut, lalu mengambil keputusan untuk mencari TUHAN. Ia menyerukan kepada seluruh Yehuda supaya berpuasa.
And Jehoshaphat feared, and set himself to seek the LORD, and proclaimed a fast throughout all Judah.
Ezra/ Ezr 8:21
Kemudian di sana, di tepi sungai Ahawa itu, aku memaklumkan puasa supaya kami merendahkan diri di hadapan Allah kami dan memohon kepada-Nya jalan yang aman bagi kami, bagi anak-anak kami dan segala harta benda kami.
Then I proclaimed a fast there, at the river of Ahava, that we might afflict ourselves before our God, to seek of him a right way for us, and for our little ones, and for all our substance.
Diantara cara berpuasa
1 Kings/ 1 Raja 21:27
Segera sesudah Ahab mendengar perkataan itu, ia mengoyakkan pakaiannya, mengenakan kain kabung pada tubuhnya dan berpuasa. Bahkan ia tidur dengan memakai kain kabung, dan berjalan dengan langkah lamban.
And it came to pass, when Ahab heard those words, that he rent his clothes, and put sackcloth upon his flesh, and fasted, and lay in sackcloth, and went softly.
Nehemiah/ Neh 9:1
Pada hari yang kedua puluh empat bulan itu berkumpullah orang Israel dan berpuasa dengan mengenakan kain kabung dan dengan tanah di kepala.
Now in the twenty and fourth day of this month the children of Israel were assembled with fasting, and with sackclothes, and earth upon them.
Psalms/ Mzm 35:13
Tetapi aku, ketika mereka sakit, aku memakai pakaian kabung; aku menyiksa diriku dengan berpuasa, dan doaku kembali timbul dalam dadaku,
But as for me, when they were sick, my clothing was sackcloth: I humbled my soul with fasting; and my prayer returned into mine own bosom.
Yang didapat dari puasa, diantaranya
2-Samuel/ 2 Sam 12:23
Tetapi sekarang ia sudah mati, mengapa aku harus berpuasa? Dapatkah aku mengembalikannya lagi? Aku yang akan pergi kepadanya, tetapi ia tidak akan kembali kepadaku.”
But now he is dead, wherefore should I fast? can I bring him back again? I shall go to him, but he shall not return to me.
Ezra/ Ezr 8:23
Jadi berpuasalah kami dan memohonkan hal itu kepada Allah dan Allah mengabulkan permohonan kami.
So we fasted and besought our God for this: and he was intreated of us.
Psalms/ Mzm 69:10
(69-11) Aku meremukkan diriku dengan berpuasa, tetapi itupun menjadi cela bagiku;
When I wept, and chastened my soul with fasting, that was to my reproach.
Psalms/ Mzm 109:24
Lututku melentuk oleh sebab berpuasa, dan badanku menjadi kurus, habis lemaknya.
My knees are weak through fasting; and my flesh faileth of fatness.
Ada juga keputus asaan?
Isaiah/ Yes 58:3
“Mengapa kami berpuasa dan Engkau tidak memperhatikannya juga? Mengapa kami merendahkan diri dan Engkau tidak mengindahkannya juga?” Sesungguhnya, pada hari puasamu engkau masih tetap mengurus urusanmu, dan kamu mendesak-desak semua buruhmu.
Wherefore have we fasted, say they, and thou seest not? wherefore have we afflicted our soul, and thou takest no knowledge? Behold, in the day of your fast ye find pleasure, and exact all your labours.
Agar puasa sesuai tuntunan
Isaiah/ Yes 58:4
Sesungguhnya, kamu berpuasa sambil berbantah dan berkelahi serta memukul dengan tinju dengan tidak semena-mena. Dengan caramu berpuasa seperti sekarang ini suaramu tidak akan didengar di tempat tinggi.
Behold, ye fast for strife and debate, and to smite with the fist of wickedness: ye shall not fast as ye do this day, to make your voice to be heard on high.
Puasa untuk kembali kepada Tuhan
Joel/ Yl 2:12
“Tetapi sekarang juga,” demikianlah firman TUHAN, “berbaliklah kepada-Ku dengan segenap hatimu, dengan berpuasa, dengan menangis dan dengan mengaduh.”
Therefore also now, saith the LORD, turn ye even to me with all your heart, and with fasting, and with weeping, and with mourning:
Namun disisi lain, bisa juga tidak demikian
Jeremiah/ Yer 14:12
Sekalipun mereka berpuasa, Aku tidak akan mendengarkan seruan mereka; sekalipun mereka mempersembahkan korban bakaran dan korban sajian, Aku tidak akan berkenan kepada mereka, melainkan Aku akan menghabiskan mereka dengan perang, dengan kelaparan dan dengan penyakit sampar.”
When they fast, I will not hear their cry; and when they offer burnt offering and an oblation, I will not accept them: but I will consume them by the sword, and by the famine, and by the pestilence.
Puasa 40 hari Yesus a.s dalam PB untuk dicobai iblis dan dilayani malaikat
Matthew/ Mat 4:2
Dan setelah berpuasa empat puluh hari dan empat puluh malam, akhirnya laparlah Yesus.
And when he had fasted forty days and forty nights, he was afterward an hungred.
Mark/ Mrk 1:13
Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia.
And he was there in the wilderness forty days, tempted of Satan; and was with the wild beasts; and the angels ministered unto him.
Puasa lainnya yang dilakukan Yesus a.s
Luke/ Luk 18:12
aku berpuasa dua kali seminggu, aku memberikan sepersepuluh dari segala penghasilanku.
I fast twice in the week, I give tithes of all that I possess.
Sebagai tambahan : Yesus a.s secara teratur ‘tadarusan’ (membaca dan mendalami makna kitab suci) :
Luke/ Luk 4:16
Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.
And he came to Nazareth, where he had been brought up: and, as his custom was, he went into the synagogue on the sabbath day, and stood up for to read.
Panduan Yesus a.s untuk umat Beliau a.s yang berpuasa
Matthew/ Mat 6:16
“Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.
Moreover when ye fast, be not, as the hypocrites, of a sad countenance: for they disfigure their faces, that they may appear unto men to fast. Verily I say unto you, They have their reward.
Matthew/ Mat 6:17
Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu,
But thou, when thou fastest, anoint thine head, and wash thy face;
Yang diharapkan dari puasa, menurut Perjanjian Baru
Matthew/ Mat 6:18
Terjemahan Lama
supaya jangan tampak kepada orang engkau puasa, hanya tampak kepada Bapamu yang tiada kelihatan itu; maka Bapamu yang nampak barang yang tiada kelihatan itu, Ialah akan memberi pahala 1kepadamu.”
Terjemahan Baru
supaya jangan dilihat oleh orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.”
Authorized KJV-1611
That thou appear not unto men to fast, but unto thy Father which is in secret: and thy Father, which seeth in secret, shall reward thee openly.
Adapun perintah puasa di dalam Al Qur’an Al Baqarah (2):183 adalah diwajibkan, secara umum, (semata-mata) kepada orang beriman, bukan berdasarkan warna kulit, bangsa, suku atau negara dengan tujuan agar orang beriman bertaqwa. Tidak ada perintah melenyapkan orang yang tidak berpuasa, bahkan Allah swt memberi keringanan kepada orang beriman karena sesuatu hal meninggalkan puasanya. Dan puasa diwajibkan di bulan Ramadhan, bukan di bulan lainnya karena keistimewaan bulan tersebut telah ditentukan Allah swt
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (Al Baqarah (2): 185)
Al Qadr (97):1
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan[1593]
[1593]. Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malamLailatul Qadr yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al Quran.
Al Qadr (97):2-5
Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.
Yang dijanjikan Allah swa kepada yang disamping berpuasa, ampunan dan pahala yang besar
Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin[1218], laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. Al Ahzab (33):35
[1218]. Yang dimaksud dengan muslim di sini ialah orang-orang yang mengikuti perintah dan larangan pada lahirnya, sedang yang dimaksud dengan orang-orang mukmin di sini ialah orang yang membenarkan apa yang harus dibenarkan dengan hatinya.
Semoga bermanfaat
-------------------------------
1 Di Terjemahan Lama “pahala”, di Terjemahan Baru “membalasnya”.




Kami sangat menghargai komentar pembaca sekalian, baik saran, kritik, bantahan dan lain sebagainya. 
Bagi pembaca yang ingin berkomentar silahkan untuk login dengan mengklik Login di Tombol Login komentar dan pilih akun yang ingin anda gunakan untuk Login, Bisa dengan Facebook, Twitter, Gmail dsb. 
 peraturan komentar: 
1. komentar pendek atau panjang tidak masalah, baik lebih dari satu kolom juga tidak apa-apa. 
2. komentar menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar tidak berbelit-belit. 
3. tidak menggunakan kata-kata kotor, hujat atau caci maki
4. langsung pada topik permasalahan
Puasa Dalam Alkitab Reviewed by Muslim Say on 1:21 AM Rating: 5 Ilustrasi Di dalam  Bibel , puasa yang berkesinambungan yang diperintahkan Tuhan kepada umatNya adalah yang di firmankan kepada Haru...

No comments: