Slider Top

[6][true][slider-top-big][Slider Top]
You are here: Home / , , , Gerakan Tefilah (shalat) di dalam syariat Torah dan Hubungannya dengan sholat.

Gerakan Tefilah (shalat) di dalam syariat Torah dan Hubungannya dengan sholat.

| No comment

بسم الله الرحمن الرحبم
בשם יהוה הרחמן והרחום

السلام عليكم ورحمة الله وبركا ته
השלום אליכם ורחמיה וברכתו

الحمد لله رب العا لمين هو يهوه اسم الذته وجب الوجد القديم على قبل كل حي و الخليد بعد كل حي وصلا ة وسلام على سيدنا ومولنا وشفعنا محمد وعلى اهل البيت المتطهرين وزوجه هو خدجه الكبرا و عيشه الرضاء وزوج النبي اجمعين . وخلفاء الرشدين ابي بكر و عمار الفراق و عثما ن ابن عفان و على الامام علي كرم الله وجهاه ورضي الله عنهم ورضو عنه.
وعلى جميع الانبياء والمرسلين صلواة الله وسلامه عليهم اجمعين

FirmanNya

إِنَّ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَٱلَّذِينَ هَادُوا۟ وَٱلنَّصَـٰرَىٰ وَٱلصَّـٰبِـِٔينَ مَنْ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ وَعَمِلَ صَـٰلِحًۭا فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ [٢:٦٢

Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati. [Al Baqarah:62]

The Talmud Berakhot 10a says:
R. Jose son of R. Hanina also said in the name of R. Eliezer b. Jacob: When one prays, he
should place his feet in proper position, as it says, And their feet were straight feet. (Ezekiel 1:7).
This of course is not the only way to understand this verse. The Islamic haddith have this same custom.

The ahaddith say:
Hadhrat Umar (ra) narrates that Rasulullah (saw) said: “Straighten the sufoof, line up the
shoulders, close the gaps and become tender in the hands of your brothers. Do not leave any
gaps for shaitaan. Whoever joins the saff, Allah will join him. And whoever cuts the saff Allah will
cut him.” (Bukhari & Abu Dawood)
While it is Sunni custom that the worshipers “‘should stand apart (with his feet) so that there is a distance
of four fingers in between them”, there are some Salafi who have the custom that the feet should touch.
Unlike Rabbinic custom, the Salafi do not say the feet should not touch each other, rather the foot of one
person should touch the foot of the person next to him, so as to facilitate “joining shoulder to shoulder”.
This concept, by coincidence, is quoted by the prophet Zephania in connection with the true Bnei Noah
“For then will I turn clear language to the Nations, that they may all call upon the name of G-d, to serve
Him shoulder to shoulder.” Zephania 3:9
(Rabbi ben avraham son,Prayer Position's)

saudara kami yang di rahmati ALLH bertanya mengenai gerakan sholat/tefillah di dalam Syariat Torah itu bagaimana,
maka kami tampilkan seringkas mungkin supaya mudah di pahami...

di dalam syariat Torah terdapat shemonesh esrei atau dikenal dengan makna "delapan belas" (saminu 'asyaro)....
diberi judul delapan belas karna terdiri dari 18 doa yaitu...

1. Commemoration of the patriarchs
2. Mightiness of G-d
3. Sanctification of G-d
4. Understanding
5. Penitence
6. Forgiveness
7. Redemption
8. Healing
9. Blessing of the harvest
10. Ingathering of the exiles
11. Restoration of the judges
12. Destruction of the sectarians
13. Rewarding of the righteous
14. Rebuilding of Jerusalem
15. Restoring the Kingdom of David
16. Acceptance of prayer
17. Restoration of the Temple Service
18. Thanksgiving

dan inilah koneknya manhaj di dalam Yudaism dan Islam.

(רחיצת רגליים וידיים)
"Rechitzat regiliym w-yadyim"

adalah wudhu di dalam syariat Torah yaitu
yaitu membasuh tangan sebelum tefilah,tangan kanan tiga kali dan tangan kiri tiga kali,dan di dalam shalchun aruch ditambahkan dengan membasuh muka dan berkumur-kumur.
hal ini sangat sangat paralel dengan syariat wudhu di dalam islam.
dan ini membuktikan bahwa Islam datang menyempurnakan syariat terdahulu.
rukun berwudhu jelas,juga terdapat minhaj yang diatas tadi.

-(חליצת נעלים)
atau dikenal dengan melepas sendal atau sepatu sebelum memasuki baitul maqdis,atau Bait suci di Yerusalem.(shemot:3:5)
itu mengapa kita umat muslim dilarang meniru umat yahudi di dalam sholat mereka para imamnya memakai sepatu atau sendal, (Hadist Nabi,Sunan abu dawud,2:652)
sedangkan rabinim yahudi sholat melepaskan sendal (Talmud,sotah: 40 a)
dan yang memakai sendal atau sepatu dalam sholat/tefilah adalah manhaj saduqiyah (sekte saduki).

-(עמידה)
'amidah atau dikenal dengan berdiri dengan tangan diletakkan tanpa meletakkannya seperti sholat kita umat islam pada umumnya,di dalam Mazhab syi'ah sangat sama dengan gerakan ini...
dan siti aisyah (ra) berkata bahwa posisi sholat tanpa tangan mendekap adalah sama dengan yahudi (Bukhari,4:56:664)

-(בריכה)
breikhah
atau dikenal di dalam islam semakna dengan ruku'...
namun doa barkhu ini di laksanakan sebelum tiga ibadah yaitu, sesudah membaca shema' ,zimun dan belajar kitab Toraah.
ini paling banyak di gunakan di dalam sekte karaite judaism.
mereka menyebutnya "breikhah" berasal dari akar kata "barkhu"
minhaj rabinim yehudim,barkhu di lakukan sesudah membaca shema' dan pembacaan Torah.

- קידה (3) (gambar Yahudi ethiopia sedang melakukan qidah)
"Qidah"
atau sujud di dalam sholatnya umat muslimin,qidah merupakan nama di dalam syariat Torah, dan dilakukannya sebagaimana umat islam sujud mencium sampai ke lantai (1 raj:1:31,Talmud,berakhot 34 b) bedanya dari letak tangannya...

(השתחויה) (1)
histachavayah
adalah sujud penuh yang hanya terdapat di dalam syariat Torah..

(כריעה) (2)
kri'ah
atau bahasa di dalam islam ,sama geraknya dengan duduk antara dua sujud,tasyahud awal maupun akhir.
(1 raj:1:54)

(עשה שלום)
'oseh shalom
atau dikenal dengan salam di dalam syariat torah,mereka memulainya dari kiri lalu ke kanan,dan syariat di dalam islam dimulainya dari kanan lalu ke kiri.
di dalam 'oseh shalom membaca

"Oseh shalom bimromav, Hu yaseh
shalom, aleynu ve'al kol Yisrael"

sedangkan salam di dalam taslim sholat
"Assalamu'alaikum warohmatullah"

inilah tabel hubungan Torah-3 Rd aramic-Rabinic-Islam

Torah-3 rd aramic-Rabinic-Islam

1. Qam - Qam -....- Qiyam (Berdiri)
2. 'amad - Tzaluta - Tefillah/'amidah - Sholat
3.Nissiyat kapayyim - nisiyat kapayyim - nisiyyat kapayyim - Niyyat.
4. Bereikha - Bereikha - Barkhu - Ruku'
5.Qidah - Qidah - (tiga kali 'amidah) - .....-
6. Hishtachvayah - SAGD - ......... - SUJUD
7. Kri'ah - Kri'ah - alenu - QU'UD.
8.shalom - shalom - 'oseh shalom - shalom 'aleykhem (assalamu'alaikum)

Kesimpulan...

ternyata syariat sholat pun ada di dalam syariat Torah yang dinamakan tefillah,
walaupun tidak sama sebagaimana susunan rukun di dalam syariat islam,namun ini sudah cukup membuktikan bahwa syariat islam di dalam al qur'an telah menyempurnakan syariat terdahulu,termasuk syariatnya yahudi dalam sholat/tefillah......

ada pertanyaan atau saran,silahkan komentar ....

mari bergabung dengan kami

https://www.facebook.com/groups/allmoslem.jewish/

Jazakumullahu Khayron Katsiron
Yevarekha HaShem etkhem

By Hadavar


Refrensii::
1.Al Qur'an
2. Rabbi Ben avraham son,Prayer Position's

Kami sangat menghargai komentar pembaca sekalian, baik saran, kritik, bantahan dan lain sebagainya. 
Bagi pembaca yang ingin berkomentar silahkan untuk login dengan mengklik Login di Tombol Login komentar dan pilih akun yang ingin anda gunakan untuk Login, Bisa dengan Facebook, Twitter, Gmail dsb. 
 peraturan komentar: 
1. komentar pendek atau panjang tidak masalah, baik lebih dari satu kolom juga tidak apa-apa. 
2. komentar menggunakan bahasa indonesia dengan baik dan benar tidak berbelit-belit. 
3. tidak menggunakan kata-kata kotor, hujat atau caci maki
4. langsung pada topik permasalahan