Markus 13:10 Palsu? - Muslim Says

728x90 AdSpace

Trending
Friday, January 2, 2015

Markus 13:10 Palsu?



Markus 13:10
Tetapi Injil harus diberitakan dahulu kepada semua bangsa.
tetapi baca dulu ayat ini :
Kisah Para Rasul 16:6
Mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil di Asia.
Kisah Para Rasul 16:7
Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka.
maka jelas lah kalau ayat Markus 13:10 itu adalah palsu, karena sengaja ditambahkan oleh penulisnya.
Karena perkataan Yesus yang sebenarnya adalah :
Matius 10:5
Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria,
Matius 10:6
melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.
Matius 15:24
Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
Ilham Al Azhary

Lulusan Sarjana Komunikasi Islam kampus Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mohammad Natsir Jakarta, aktif menulis dan diskusi masalah keislaman dan perbandingan agama.

Website: Muslimsays.com

Markus 13:10 Palsu? Reviewed by Ilham Al Azhary on 12:42 AM Rating: 5 Markus 13:10 Tetapi Injil harus diberitakan dahulu kepada semua bangsa. tetapi baca dulu ayat ini : Kisah Para Rasul 16:6 Mere...

4 comments:

  1. Sebenarnya yang perlu ditekankan adalah tinjauan kritis untuk membuktikan bahwa Markus 13:10 itu palsu secara historis atau analisis lain, bukan pertentanganya dengan Kisah para rasul atau Matius. Benarkah yang palsu Markus 13:10, ataukah yang palsu justeru ayat pembaningnya? Atau mungkin juga semuanya palsu.

    Dalam pemahaman Kristen kesemua ayat tersebut tidak bertentangan dan diakomodasikan dengan pengertian bahwa pengajaran Yesus pada mulanya diprioritaskan untuk bangsa Israel, dan pada saat berikutnya disebarkan untuk seluruh bangsa di dunia.

    ReplyDelete
  2. Ayat ini juga tidak tercantum dalam manuskrip alkitab tertua yang masih baik. (tidak rusak), jika manuskrip tertua yang baik kualitasnya tidak menuliskan ayat ini maka dapat dipastikan manuskrip yang ada setelahnya tiba-tiba memuat hal tersebut, maka berarti tertadapat penambahan terhadap ayat ini..

    ReplyDelete
  3. Manuskrip Alkitab tertua yang masih baik (tidak rusak) YANG DITEMUKAN. Bagaimana dengan manuskrip lain yang tidak ditemukan? Mungkin lebih tua? lebih lengkap (mencantumkan ayat Markus 13:10)? Atau dapatkah Anda menemukan bukti dalam perkamen lain,( walaupun tidak berupa manuskrip lengkap) yang berkaitan dengan ayat Markus ini sehingga dapat meyakinkan pembaca bahwa sesungguhnya ayat Markus 13:10 ini tidak ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika berandai andai, mana bisa dijadikan argumen, saya juga bis a berargumen sebaliknya, jika anda menyatakan bahwa manuskrip tertua yang eblum ditemukan menulis ayat tersebut, saya juga bisa menyatakan sebaliknya bahwa manuskrip tertua yang belum ditemukan tidak menulis ayat tersebut.

      adanya manuskrip tertua yang baik kualitsnya yang jelas tidak menulis ayat tersebut adalah bukti atau fakta terkuat ayat tersebut memang tidak ada dan baru muncul pada masa-masa berikutnya. maka wajar beberapa penerbit Alkitab tidak mem,asukan ayat tersebut pada terbitan Alkitab terbaru, dan menuliskan catatan bahwa ayat tersebut tidak asli.

      Delete