AISYAH MENIKAH UMUR 6 TAHUN, MEMANGNYA ADA MASALAH APA..? - Muslim Says

728x90 AdSpace

Trending
Monday, September 19, 2016

AISYAH MENIKAH UMUR 6 TAHUN, MEMANGNYA ADA MASALAH APA..?

Sudah banyak debat soal penikahan nabi Muhammad dengan Aisyah yang dikatakan berusia 6 tahun (dan 9 tahun mulai hidup serumah). Biasanya perdebatan fokus kepada soal shahih atau tidaknya hadits Bukhari Muslim yang memuat informasi tersebut. Ini berlangsung tidak hanya antara Islam dengan non-Muslim , tapijuga di internal umat Islam sendiri. Pihak yang membenarkan bersandarkan kepada otoritas keshahihan kitab Bukhari Muslim, sebaliknya mereka yang menentang mempertanyakannya karena dalam jalur periwayatan terdapat nama perawi yang dinilai sulit dipercaya ketika meneruskan hadits di usia tuanya.
Kita tinggalkan saja perdebatan soal hadits ini, silahkan para ahli hadits memperdebatkannya berdasarkan referensi dan argumentasi yang paling masuk akal. Sekarang kita bersikap terima saja informasi Aisyah yang menikah dalam usia 6 tahun (dan tinggal serumah dengan Rasulullah dalam umurnya yang 9 tahun). Lalu apa masalahnya..?
Terdapat beberapa point gugatan non-Muslim terkait soal ini, kita akan jawab satu persatu :
1. Pernikahan Rasulullah dengan Aisyah tersebut tidak lazim dan menyalahi norma masyarakat.
Sampai sekarang tidak satupun ada catatan tentang keberatan dan serangan dari kaum kafir Makkah terhadap pernikahan beliau ini, apalagi menunjukkan hal tersebut suatu keanehan. Bahkan pernikahan nabi Muhaman dengan Zainab binti Yahsi jauh lebih 'heboh' karena dianggap menyalahi norma masyarakat jahiliyah pada waktu itu, sampai-sampai Al-Qur'an menurunkan ayat untuk mengabadikan kisah ini. Fakta ini menunjukkan kalau pernikahan Rasulullah dengan Aisyah bukanlah suatu yang melanggar norma masyarakat pada waktu itu, sesuatu pernikahan yang biasa dan diterima oleh semuapihak, baik kalangan Muslim mapun musuh-musuh Islam di Makkah yang memang selalu mencari peluang sekeil apapun untuk menjatuhkan nabi Muhammad.
2. Pernikahan ini mengindikasikan nabi Muhammad pedophilia.
Ini juga tuduhan yang jauh dari bukti-bukti. Rasulullah menikah pertama kali pada usia 25 tahun dengan wanita dewasa, lalu setelah Khadijah meninggal beliau menikahi beberapa wanita dan hanya satu yang dicatat berumur 6 tahun, bahkan setelah menikahi Aisyah, nabi Muhammad tidak pernah menikah dengan wanita yang seusia tersebut. kalaulah ada kecenderungan pedophilia maka pasti ada catatan beliau akan menikahi banyak perempuan dibawah umur, apalagi dalam posisinya sebagai nabi utusan Allah, tidak susah untuk mencari-cari dalil yang menyalurkan keinginan tersebut.
3. Usia Aisyah belum pantas untuk dinikahkan dan belum siap secara fisik.
Ini menjadi pertanyaan sumir, karena kesiapan fisik seorang wanita untuk menikah berbeda-beda. Rekor mencatat ibu termuda yang melahirkan anak terjadi pada usia 5 tahun, artinya secara fisik hal ini bisa menjadi relatif dan berubah-ubah :
Kalau ada fakta wanita yang mampu melahirkan anak dalam usia 5 tahun, lalu apa anehnya kalau Aisyah menikah dalam usia 6 tahun dan baru hidup serumah dengan Rasulullah dalam umur 9 tahun..?
4. Usia Aisyah tidak siap secara psikis.

Ini lebih tidak jelas lagi, karena ukuran kesiapan psikis sangat bervariasi dari setiap orang. Banyak anak-anak usia dini yang memiliki kedewasaan secara psikis dan sebaliknya banyak manusia dewasa justru masih belum matang cara berpikirnya. Ini lumrah ditemukan dimana-mana.

5. Perbedaan usia yang jauh antara Aisyah dengan nabi Muhammad.

Ini juga sering dijadikan point untuk menyerang pernikahan beliau ini. Sebenarnya berapa perbedaan usia ideal antara laki-laki dan wanita untuk menikah..? Sejarah mencatat bahwa di Eropah dan Amerika pihak gereja juga banyak mensahkan penikahan model seperti ini :
Raja Richard II 29 tahun menikahi Isabel 7 tahun, Girolamo umur 30 tahun menikahi Caterina 10 tahun, dll. Aturan gereja juga menyatakan wanita boleh menikah pada umur 12 tahun, dan aturan hukum di Amrika Serikat membolehkan wanita menikah pada usia 10 tahun bahkan 7 tahun.
Jadi batasan minimal umur wanita untuk menikah dan berapa perbedaan umur yan diperbolehkan tidak ada aturan yang jelas, semua bangsa memiliki ukuran kepantasan sendiri-sendiri.
Lalu, kalau memang Aisyah menikah pada usia 6 tahun dan hidup serumah dengan Rasulullah pada umur 9 tahun, ada masalah apa..?

Ilham Al Azhary

Lulusan Sarjana Komunikasi Islam kampus Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mohammad Natsir Jakarta, aktif menulis dan diskusi masalah keislaman dan perbandingan agama.

Website: Muslimsays.com

AISYAH MENIKAH UMUR 6 TAHUN, MEMANGNYA ADA MASALAH APA..? Reviewed by Ilham Al Azhary on 7:48 PM Rating: 5 Sudah banyak debat soal penikahan nabi Muhammad dengan Aisyah yang dikatakan berusia 6 tahun (dan 9 tahun mulai hidup serumah). Biasanya...

No comments: