Pentagon Habiskan 540 Juta Dolar AS Produksi Video Palsu Teroris - Muslim Says

728x90 AdSpace

Trending
Monday, October 3, 2016

Pentagon Habiskan 540 Juta Dolar AS Produksi Video Palsu Teroris

Terungkap sudah ternyata Pentagon membayar sebuah perusahaan Public Relation (PR)  Inggris sampai lebih dari setengah miliar dolar untuk membuat video teroris palsu di Irak dalam kampanye propaganda rahasia. Hal ini diungkapoleh sebuah organisasi independen,   oleh  Biro Jurnalisme Investigatif.
Perusahaan PR Bell Pottinger, yang dikenal  memiliki banyak  klien kontroversial,  termasuk pemerintah Saudi dan diktator Chili Augusto Pinochet, bekerja sama dengan militer AS untuk menciptakan propaganda dalam  berbagai operasi rahasia.
Perusahaan ini melaporkan pekerjaannya ke CIA, Dewan Keamanan Nasional dan Pentagon pada proyek-proyek  dengan mandat untuk menggambarkan Al-Qaeda  secara   negatif dan melacak mereka yang tersangka sebagai simpatisan.
Operasi  Bell Pottinger   dimulai segera setelah invasi AS ke Irak dan bertugas mempromosikan
“pemilu demokratis” untuk pemerintahan,  sebelum pindah ke operasi psikologis dan informasi yang berkesan lebih menguntungkan.  Mantan karyawan Martin Wells mengatakan kepada Biro Jurnalisme bagaimana ia menemukan dirinya bekerja di Irak setelah disewa sebagai editor video oleh Bell Pottinger. Dalam waktu 48 jam, ia mendarat di Baghdad untuk mengedit konten untuk “operasi psikologis” rahasia di Camp Victory.
Perusahaan membuat iklan televisi  ini menunjukkan Al-Qaeda dalam kesan yang negatif serta menciptakan konten untuk terlihat seolah-olah semua  itu datang dari sebuah “TV Arab.  Para awak film  dikirim keluar untuk pemfilman pemboman dengan video berkualitas rendah. Perusahaan kemudian akan mengeditnya untuk membuatnya menjadi  terlihat seperti cuplikan berita sungguhan.
Video kemudian diproduksi  untuk diputar melalui  Real Player yang membutuhkan koneksi internet untuk menjalankannya.  Dan dari situ dapat dipertontonkan ke seluruh dunia.
Dalam dokumen yang menunjukkan Pentagon membayar $ 540 juta kepada Bell Pottinger, berada dalam kontrak antara 2007 dan 2011, plus kontrak lain untuk $ 120 juta pada 2006. Perusahaan itu berakhir bekerja dengan Pentagon pada tahun 2011.


Ilham Al Azhary

Lulusan Sarjana Komunikasi Islam kampus Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Mohammad Natsir Jakarta, aktif menulis dan diskusi masalah keislaman dan perbandingan agama.

Website: Muslimsays.com

Pentagon Habiskan 540 Juta Dolar AS Produksi Video Palsu Teroris Reviewed by Ilham Al Azhary on 7:19 PM Rating: 5 Terungkap sudah ternyata Pentagon membayar sebuah perusahaan Public Relation (PR)  Inggris sampai lebih dari setengah miliar dolar untuk ...

No comments: