Orang Terdepan yang Melindungi Rakyatnya - Muslim Says

728x90 AdSpace

Trending
Thursday, December 22, 2016

Orang Terdepan yang Melindungi Rakyatnya

PEMIMPIN mempunyai sebuah tanggungjawab yang sangat besar. Ia harus memimpin rakyatnya ke jalan yang benar. Jika ia tidak mampu untuk mengarahkan rakyatnya maka kepemimpinannya tidak dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.
Seorang pemimpin hendaknya bersikap tenang dalam situasi mencemaskan bahkan genting sekalipun. Ketika pemimpin kalut, maka rakyat pun semakin bingung.
Suatu hari, ada suara gaduh menyentak Kota Madinah. Penduduknya pun terkejut, khawatir, dan bertanya-tanya apa gerangan yang menimpa kota.
Dari Anas binMalik radhiyallahu ‘anhu,ia berkata: Rasulullah ﷺ adalah orang yang paling berbudi tinggi, dermawan, dan pemberani. Pernah di suatu malam, penduduk Madinah dikejutkan oleh suara yang sangat dahsyat. Orang-orang kemudian berangkat menuju ke arah suara tersebut.
Rasulullah ﷺ bertemu mereka saat hendak kembali pulang. Ternyata beliau telah mendahului mereka menuju ke arah suara tersebut. Waktu itu beliau naik kuda milik Abu Thalhah, di lehernya terkalung sebuah pedang. Beliau bersabda, ‘Kalian tidak perlu takut, kalian tidak perlu takut’. Anas berkata, ‘Kami mendapatkan kuda tersebut cepat larinya padahal sebelumnya adalah kuda yang lambat berlari’.” (Shahih Muslim 2307-48).

Rasulullah adalah orang terdepan yang melindungi rakyatnya dari ancaman bahaya. Kemudian menenangkan mereka di saat mereka takut dan kebingungan.[]
Sumber: kisahmuslim
Orang Terdepan yang Melindungi Rakyatnya Reviewed by Admin on 11:37 PM Rating: 5 PEMIMPIN mempunyai sebuah tanggungjawab yang sangat besar. Ia harus memimpin rakyatnya ke jalan yang benar. Jika ia tidak mampu untuk meng...

No comments: